Skip to content

Ini Video Suara Ambulan yang Tren di YouTube

Ambulans adalah kendaraan kritikal yang dipakai di masa pandemic covid-19 ini. Dilengkapi suara sirine, banyak yang merasa takut Ketika mendengar bunyi sirine ambulans yang silih berganti melintas. Sirine ambulans dinyalakan sebagai tanda untuk meminta prioritas terhadap pengguna jalan yang lain. Namun, suara sirine ambulans ternyata berbeda-beda dan punya arti yang berbeda pula. Di bawah ini ada video suara ambulan yang tren di YouTube. Kalian harus melihatnya agar paham perbedaan dari suara-suara sirine ambulans.

Video sirine ambulance viral

Ketika ambulans melintas di jalan dan membunyikan suara sirinenya, bisa jadi ambulans tersebut sedang membawa pasien kritis, membawa jenazah, menjemput pasien, ataupun membawa pasien tidak darurat. Jadi, penting bagia kalian untuk memahami masing-masing bunyi sirine ambulans. Jadi, kalian tak bingung lagi jika mendengar suara sirine ambulans atau berpapasan di jalan.

Terkait penggunaan sirine ambulans, hal ini dinilai tak ada peraturan baku yang mengaturnya. Justru yang harus diperhatikan adalah aspek warna rotatornya. Aturan warna rotator disajikan di dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 pasal 134 tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan.

Selain itu, warna isyarat yang dijadikan Patokan terdapat pada pasal 59. Pada pasal 59 ayat 3 & 5 poin B, dijelaskan bahwa lampu isyarat warna merah & sirine digunakan untuk mobil jenazah, rescue, palang merah, ambulans, pemadam kebakaran, pengawalan Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan kendaraan bermotor tahanan. Jadi, sudah jelas bahwa ambulans membunyikan sirine & menyalakan lampu isyarat warna merah sudah ada peraturannya.

Lihat pula: Cara Buat Nada Dering Notifikasi dengan Suara Google

Sirine sendiri memiliki fungsi untuk memberikan peringatan kepada masyarakat atau pengguna jalan yang lain akan suatu bahaya seperti bencana alam. Selain itu, sirine juga digunakan untuk kendaraan layanan darurdat seperti pemadam kebakaran, polisi, dan tentu saja ambulans.

Dari 5 video suara ambulan yang tren di YouTube, kita tahu bahwa suara ambulans ternyata berbeda-beda. Bunyi sirine ambulans yang berbeda-beda itu memiliki arti masing-masing. Pertama, bunyi suara ambulans yang dikeluarkan mirip dengan yang biasa kita dengan pada palang pintu kereta api dengan suara lambat. Bunyi sirine seperti ini memiliki arti bahwa ambulans sedang menjemput pasien.

Kedua, bunyi ambulans yang temponya lebih cepat bisa diartikan bahwa ambulans tersebut sedang membawa pasien yang tidak terlalu darurat. Ketiga, ada juga bunyi ambulans yang frekuensi suara sirine-nya lebih cepat yang berfungsi sebagai penanda bahwa ambulans tengah membawa pasien gawat darurat. Satu lagi, jika ambulans membunyikan suara sirine dengan frekuensi yang lebih lambat dibanding sirine pertama, artinya ambulans sedang membawa jenazah.

Suara ambulans sendiri sebenarnya ada 5. Yelp digunakan Ketika ambulans berada di persimpangan jalan. Kemudian, wail adalah sirine ambulans yang dibunyikan jika ambulans tengah berada di jalan yang lurus. Lalu, ada juga hi-lo yang dibunyikan sebagai perpaduan agar mendapat perhatian dari masyarakat dan pengguna jalan lain secara efektif. Untuk horn, biasanya baru akan dipakai Ketika suara sirine yang sudah dibunyikan tak berhasil memperoleh perhatian para pengguna jalan yang lain.

Sirine pada ambulans memiliki fungsi yang sangat penting. Tujuan ambulans membunyikan suara sirine adalah hendak memberi tahu kendaraan atau pengguna jalan yang lain supaya segera menepi & memberi jalan. Pasalnya, ambulans termasuk alat transportasi atau kendaraan khusus yang harus diprioritaskan saat melintas. Lebih jelasnya bisa dilihat pada 5 video suara ambulan yang tren di YouTube ini.

Published inTrending

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar